Berapa Persen Gaji yang harus ditabung?

Menyisihkan Gaji Bulanan

Bersyukurlah dengan gaji yang anda miliki saat ini, berapa pun besarnya harus anda terima dan syukuri. Langkah selanjutnya, anda harus pintar dalam mengatur keuangan atau gaji yang anda dapatkan setiap bulan, harus disisihkan sebagian untuk ditabung.

Tidak ada ruginya menyisihkan sebagian gaji yang didapat untuk ditabung, karena kita perlu mengumpulkan uang untuk memenuhi kebutuhan, misalkan ketika ingin membeli rumah, ingin membuka bisnis atau usaha maka dengan adanya tabungan kita bisa melangkah dengan uang yang telah disisihkan dari gaji.

Untuk menyisihkan gaji tentu ada persentase nya, walaupun memang semakin banyak uang yang ditabung itu lebih baik. Karena kita memiliki kebutuhan pokok yang harus dicukupi setiap bulan maka perlu adanya hitung-hitungan yang sesuai berdasarkan ahli atau pakar keuangan.

Menurut Godo Tjahjono, SE, M Si, RFC, praktisi bisnis dan keuangan. Persentase yang harus ditabung atau saving ratio berkisar antara 10-50 persen, tapi paling ideal dilakukan di Indonesia yaitu 15%. 

Perhitungannya memerhatikan 3 aspek yaitu jumlah dana tabungan yang sudah dimiliki saat ini, besarnya cicilan yang masih ada dan tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam 5-25 tahun ke depan.

Sebelum anda menabung anda perlu membentuk anggaran pengeluaran bulanan, untuk apa saja dana yang dibutuhkan dalam sebulan. Skala prioritas menjadi landasan utama dalam memanage keuangan Anda sehingga Anda dapat mulai melakukan kebiasaan menabung dan tentunya ada tujuan yang setidaknya ingin dicapai.

Tabungan yang anda miliki dapat berguna sewaktu-waktu diperlukan, karena anda juga perlu memiliki dana darurat setidaknya minimal 3-6 kali pengeluaran keluarga perbulan, dana darurat perlu dipersiapkan, jika belum ada maka berusahalah untuk ada.

Jika anda berencana untuk mencicil sebuah rumah, maka anda juga perlu merencanakan untuk bisa mengumpulkan uang muka sekaligus menghitung kemampuan untuk mencicil rumah dengan cicilan yang tidak lebih dari 30% pendapatan atau gaji yang anda miliki, sehingga anda masih bisa berusaha untuk menyisihkan sekitar 10 persen untuk tabungan.